Jangan Takut Ngemil Saat Diet

Sedang berdiet bukan berarti harus menghindari semua camilan. Menurut ahli, saat sedang diet Anda masih bisa ngemil enak. Dilema karena Anda sedang diet, tapi suka ngemil? Diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Anda tetap bisa ngemil, hanya saja Anda perlu lebih bijak dalam pemilihan jenis makanannya dan mengatur porsinya.

Pelaku diet biasanya tidak akan pernah menyentuh camilan. Menurut mereka, usahanya dietnya akan sia-sia jika tetap memakan camilan.The Laughing Cow membuat penelitian terkait hal ini dan menemukan 42% pria dan 51% wanita berhenti diet setelah memakan camilan.

Beberapa makanan berikut ini bisa membuat Anda tetap ngemil walaupun sedang berdiet.

  • Yogurt

Cukup bagus sebagai camilan saat diet turunkan berat badan, karena bisa mengenyangkan dalam tempo lama dan bisa menekan nafsu makan berlebihan. Namun, tidak semua yogurt tersebut sehat untuk dimakan. Satu cangkir atau 100 gram yogurt Yunani mengandung 59 kalori. Maka itu, pilih yogurt yang memiliki kadar gula terendah dan tidak ada pemanis buatan. Untuk memberikan rasa yang berbeda, bisa ditambahkan bubuk kayu manis atau jahe yang mengontrol tekanan darah dan nafsu makan.

  • Kacang Almond

Kacang almond dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secukupnya. Kacang mengandung keseimbangan gizi yang sempurna antara lain lemak, protein dan serat. Selain menurunkan berat badan, kacang juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah beberapa jenis kanker serta depresi. Setiap 100 gram kacang mengandung 359 kalori.

  • Pisang dan selai kacang

Sebagai camilan, mengonsumsi pisang bersama selai kacang merupakan kebiasaan yang sangat sehat. Pisang memberi karbohidrat yang membantu meringankan sembelit, ditambah satu sendok teh selai kacang ke dalamnya memberi protein yang membuat kenyang. Satu buah pisang dengan satu sendok teh selai kacang memiliki 137 kalori.

  • Protein bar

Protein bar atau protein batangan merupakan camilan yang paling mudah dibawa kemana pun. Pilihlah bar protein yang memiliki 150  kalori. Protein bar memiliki protein berkualitas tinggi yang berasal dari produk hewani atau kedelai. Protein bar juga mengandung asam amino esensial yang membantu membangun massa otot.

  • Buah Apel

Apel adalah pilihan camilan sehat dan aman untuk diet, sebab apel rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol. Sebaliknya, apel tinggi serat, vitamin C, dan antioksida. Rasanya yang asam, manis dan renyah bisa mengobati rasa kangen Anda akan cemilan yang renyah.

Itulah beberapa info akan camilan yang sehat dan dapat mengganjal lapar sebelum tiba waktu makan. Sesehat apapun camilan yang dikonsumsi tetap harus mengutamakan porsinya, jangan makan camilan terlalu banyak atau sering karena Anda tetap butuh asupan dari makanan utama. Mari ubah pola makan camilan dengan mengkonsumsi camilan yang lebih sehat.

Sumber referensi: detikhealth.com, popbela.com, hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat