Jaga Kebugaran Tubuh Dengan Rumus ‘’FITT’’

Menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang penting utuk menjaga kesehatan. Dengan melakukan olahraga menggunakan rumus FITT yaitu Frequency, Intensity, Type and Time diharapkan mampu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh setiap harinya.

Menurut, dr Simon Salim, MKes, SpPD, AIFO dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan, frekuensi olahraga dilakukan minimal 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Kemudian, jangan sampai ada dua hari berturut-turut tidak berolahraga. Rumus yang kedua yakni lakukan olahraga dengan intensitas sedang.

“Gimana ngukur kalau olahraga kita Intensitas sedang? kira-kira kalau detak jantung mencapai 60 persen dari 220 dikurangi umur kita,” kata dr Simon di sela-sela  Media Briefing Indonesia SeGar di Luna Negra Resto, Plaza Bapindo, Jakarta, dan ditulis pada Selasa (17/11/2015).

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran yaitu dengan melakukan senam aerobic. Aerobic juga memiliki berbagai macam tipe seperti bersepeda, treadmill, zumba, berenang, dan juga jogging. Dengan melakukan aerobic, pergerakan tubuh ini merupakan latihan large mucle group, karena semua anggota tubuh ikut bergerak.

Untuk aturan waktu, bisa melakukan olahraga minimal 30 menit perhari dan bisa di lakukan selama 5 hari dalam 1 minggu. Jadi olahraga dalam 1 minggu menghabiskan waktu 150 menit. Demi menjaga kebugaran tubuh sebaiknya melakukan olahraga secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Olahraga bisa dilakukan dengan intensitas tinggi ataupun intesitas rendah tergantung dari tujuan dan usianya.

Selamat Berolahraga dan Tetap FIT !

Sumber: Detik Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat