Inilah Cara Menghitung Jumlah Kalori Saat Latihan Squat

Squat adalah latihan dasar yang dapat dilakukan siapa saja tanpa peralatan khusus. Dengan Squat kita dapat melatih otot-otot di kaki dan dapat membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh Anda secara keseluruhan.

Tapi tahukah Anda, kita dapat menghitung jumlah kalori yang terbakar saat melakukan latihan Squat. Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang akan Anda bakar dengan melakukan Squat, Anda perlu mempertimbangkan berat badan dan jumlah menit yang Anda habiskan saat latihan, bersama dengan tingkat upaya (intensitas) dari sesi Squat Anda.

Rumus umum untuk menghitung jumlah kalori yang terbakar adalah :

Kalori Terbakar per Menit = 0.0175 x MET x berat badan (kg)

MET adalah Metabolic Equivalent, adalah satuan untuk menentukan nilai aktifitas. Pada latihan Squat tempo lambat memiliki nilai 3,5 MET sedangkan Squat tempo cepat memiliki nilai 8 MET.

Berikut contoh perhitungan latihan Squat dengan tempo cepat. Misalkan Anda memiliki berat 75 kg dan melakukan Squat selama 5 menit. Maka kalori yang terbakar adalah 52,5 kalori. Loh kok bisa? Ini penjelasannya :

Kalori dalam 1 menit = 0,0175 x 8 x 75 = 10,5 kalori

Kalori dalam 5 menit = 10,5 x 5 = 52,5 kalori

 

Sekarang Anda sudah tahukan bahwa latihan Squat sangat efektif untuk membakar kalori. Jadi, lakukanlah Squat setiap hari agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Selamat mencoba !

 

Sumber referensi @healthline.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat