Alasan & Fakta Di Balik Diet Karbo

Karbohidrat digunakan tubuh sebagai sumber energi utama. Segera setelah dikonsumsi, karbohidrat akan dipecah menjadi gula dan diserap darah sebagai glukosa atau gula darah. Kemudian, tubuh akan mengeluarkan insulin, sehingga glukosa dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Glukosa yang tidak terpakai lalu disimpan di dalam hati, otot, atau sel lain yang juga bisa diubah menjadi lemak.

Diet karbo adalah salah satu jenis  diet yang dilakukan dengan cara mengatur atau bahkan menghindari konsumsi karbohidrat dalam makanan yang kita makan. Baik itu menghindari konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi dan juga karbohidrat kompleks yang berasal dari sayuran.

  • Kenapa Memilih Diet Karbo?

Karena Diet Karbo Lebih Cepat Berhasil Dibandingkan Diet Rendah Lemak

Penelitian yang pernah dilakukan mengenai diet karbo selama satu tahun menunjukkan bahwa hasil dari diet karbo lebih cepat dibandingkan dengan diet rendah lemak. Hal ini disebabkan karena pada proses ketosis atau pembakaran karbohidrat untuk di jadikan energi dalam tubuh digantikan menjadi pembakaran lemak. Sehingga tentu saja berat badan akan lebih cepat berkurang karena lemak dalam tubuh digunakan sebagai energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena Asumsi Karbohidrat Adalah Salah Satu Penyebab Obesitas

Dalam diet karbo, asumsi mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan. Hal ini berhubungan dengan kinerja insulin dalam tubuh. Karbohidrat yang terlalu banyak dapat menyebabkan kinerja insulin kurang efektif dalam mengangkut gula ke dalam sel, sehingga kelebihan gula akan disimpan sebagai lemak. Untuk itu karbohidrat bisa menjadi berbahaya jika kita mengkosumsinya terlalu berlebih. Sebaiknya mengkonsumsi karbohidrat secukupnya diimbangi dengen konsumsi serat dan juga protein agar tubuh bisa bekerja secara stabil.

  • Faktanya Adalah

Pengganti Karbo adalah Lemak

Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dalam diet karbo mengharuskan kamu menggantinya dengan asupan makanan lainnya. Diantaranya yang bisa kamu makan adalah makanan berprotein dari tumbuhan maupun hewan dan juga diperbolehkan mengkonsumsi lemak. Dalam diet rendah lemak, lemak adalah makanan yang harus dihindari namun dalam diet karbo lemak digunakan  sebagai pengganti sumber energi utama. Padahal hal ini tentu beresiko menimbulkan beberapa penyakit serius seperti jantung dan juga kolesterol, jadi tetap harus makan sewajarnya saja agar tidak berlebihan.

Karbohidrat Lebih Berpengaruh Menyebabkan Kegemukan dibandingkan Lemak

Karbohidrat sangat berpengaruh menyebabkan kegemukan, karena korbohidrat yang masuk kedalam tubuh akan segera menjadi gula dan gula itu sendiri tidak baik untuk tubuh apabila di konsumsi secara berlebihan apalagi jika tidak di sertai dengan olahraga.

Alasan dan fakta diet karbohidrat ini bisa menjadi salah satu pilihan diet Anda. Anda bisa melakukan diet ini dengan sangat menyenangkan. Tinggal bagaimana Anda mengatur jam makan dan hitung asupan kalori yang masuk kedalam tubuh Anda. Selamat mencoba dan selamat menjalankan hidup sehat!

Sumber referensi: kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat