5 Fakta Mengenai Stretching Yang Belum Kamu Ketahui!

Peregangan (Stretching) adalah latihan fisik yang merengangkan sekumpulan otot agar mendapatkan otot yang elastis dan nyaman yang biasanya dilakukan sebelum atau sesudah olahraga.

5 fakta mengenai streaching yang bisa Anda praktekan sebelum berolahraga adalah sebagai berikut:

  • Peregangan tidak mencegah kelelahan otot

Sebuah studi mengungkapkan bahwa melakukan peregangan sebelum dan sesudah latihan tidaklah membuat Anda bebas dari kelelahan otot atau muscle soreness. Untuk mencegahnya, gunakan kantong es atau ibuprofen.

  • Peregangan membantu tubuh Anda menjadi lebih lentur dan mengurangi risiko cidera

Peregangan masih menjadi cara terbaik untuk membuat tubuh Anda lebih lentur dan cekatan. American Council of Exercise (ACE) menyatakan bahwa latihan fleksibilitas merupakan salah satu komponen penting dari program fitnes yang baik. Lakukan peregangan usai latihan dan pada hari Anda tidak melakukan latihan. Peregangan tak cuma membuat tubuh Anda lebih fleksibel, tapi juga dapat membantu menurunkan risiko cidera sembari meningkatkan aliran darah ke otot.

  • Peregangan rutin baik untuk Anda yang duduk sepanjang waktu

Kebanyakan dari kita harus duduk sepanjang hari karena tuntutan profesi. Hal ini bisa menimbulkan bencana pada postur tubuh Anda, bahkan dapat mencederai otot punggung Anda karena terlalu lama duduk. Untuk mengurangi dampaknya, melakukan stretching singkat pada waktu senggang Anda membantu melemaskan otot yang kencang dan mengurangi cidera.

  • PNF stretching dapat membantu  meningkatkan rentang gerak persendian Anda

Peregangan proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF) merupakan beberapa gerakan rotasi multi-joint yang menggabungkan peregangan serta kontraksi dari kelompok otot yang disasar. Riset membuktikan bahwa peregangan tipe PNF bisa lebih efektif untuk mengembangkan rentang gerak otot-otot Anda.

  • Peregangan pada kedua sisi membantu tubuh Anda tetap seimbang

Keseimbangan adalah bagian penting dari stretching. Pastikan Anda fokus melakukannya pada kedua sisi. Lakukan peregangan lebih intens pada kelompok otot yang paling sering Anda gunakan.

Pastikan Anda melakukan peregangan dengan baik dan benar sebelum dan sesudah latihan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal darinya. Maka dari itu mari lakukan perenggangan sebelum berolahraga, Salam Olahraga!

Sumber referensi: fitness.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Voucher 100Rb

Kode Voucher - GET100K
DAFTAR SEKARANG
* Hanya 1 x Pemakaian
close-link
WhatsApp chat